Senin, 01 April 2013

Bunga Papan Duka Cita

0 comments

Bunga Papan Duka Cita









Bunga papan duka cita adalah sebuah rangkaian bunga yang dikirimkan kepada keluarga atau kerabat yang salah satu dari anggota keluarganya meninggal dunia. Bunga duka cita ini adalah bunga ucapan simpati bagi keluarga yang bersedih dan ungkapan belasungkawa atas musibah yang sedang dirasakan. Karena suasana duka dan kesedihan ini maka nuansa bunga papan jenis ini adalah gelap dan putih. Gelap menggambarkan duka dan putih menggambarkan ketulusan.

Bunga papan/ucapan untuk orang meninggal ini sangat bersifat mendesak dan cepat. Tidak ada yang memperhitungkan hari kematian sama dengan halnya tidak ada yang menginginkan ia datang. Ketika semua terjadi maka prosesnya harus dilaksanakan secepat mungkin sehingga sang arwah dapat lebih cepat damai menghadap sang Pencipta. Karenanya maka pembuatan bunga papan duka cita ini pun harus dikerjakan dan dikirimkan secepat mungkin. Kecuali jika yang memesan menginginkan jeda waktu yang pas dengan kedatangan mereka ke tempat persemayaman.

Tujuan dari bunga papan belasungkawa ini memiliki 3 aspek, yaitu ungkapan simpati, menjaga hubungan dan menghibur. Menghibur memiliki pengertian bahwa masih ada orang lain di sekitar mereka yang rela berbagi, baik pada saat kejadian maupun pada hari-hari setelahnya. Oleh karena itu sebagian masyarakat menyemayamkan jenazah yang meninggal bisa 3 - 7 hari. Tujuannya disamping karena tradisi juga memberi kesempatan bagi keluarga yang jauh untuk hadir pada prosesi pemakaman.

0 comments:

Posting Komentar